Karangtaruna

PROFIL KARANG TARUNA “TUNAS KARYA” DESA CAYUR

Cayur.desa.id Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia, yang berasal dari kata Karang yang berarti pekarangan, halaman, atau tempat, sedangkan Taruna yang berarti remaja. Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah desa / kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial.

Karang Taruna pertama kali lahir sebagai problem solver terhadap masalah sosial generasi muda di kampung melayu tahun 1960 dan secara resmi berdiri di Jakarta tanggal 26 September 1960, yang merupakan “organisasi sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau kominitas adat sederajat dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial”(lihat Pedoman Dasar Karang Taruna Sesuai Peraturan Menteri Sosial RO Nomor 83/HIK/2005)

Karang Taruna beranggotakan pemuda dan pemudi (dalam AD/ART nya diatur keanggotaannya mulai dari pemuda/i berusia mulai dari 17 – 45 tahun). Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, keterampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.

Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur pengurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari desa / kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.

 

  1. VISI, MISI, STRATEGI & MOTTO
  2. VISI :

Mewujudkan generasi muda yang mandiri, tangguh, berakhlak Mulia Dan Berkualitas

  1. MISI :
  2. a)Menumbuh kembangkan prakarsa pemuda Desa Cayur dalam pembangunan kesejahteraan sosial.
  3. b)Kepedulian terhadap lingkungan sosial masyarakat
  4. c)Mewujudkan kerukunan dan persatuan antar pemuda Desa Cayur
  5. d)Mengangkat nilai-nilai kearifan budaya lokal, seni dan adat istiadat
  6. e)Menggalang dan Mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak yang berkompeten dalam penanganan permasalahan pemuda dan sosial kemasyarakatan
  7. STRATEGI
  8. a)Melibatkan peran semua anggota pemuda dalam setiap program kerja yang disusun.
  9. b)Mengadakan event kegiatan dalam rangka mempromosikan unit usaha organisasi ke luar.
  10. c)Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang berkompeten terhadap permasalahan sosial pemuda dan masyarakat seperti pihak Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan, Dinas Perhutanan dan Dinas Budaya Pariwisata serta LSM, Bank, Perusahaan Swasta, Koperasi dan Lembaga Pendidikan, Lembaga Sosial/Orsos serta Organisasi sosial lainnya .
  11. MOTTO

“TERAMPIL, BERKARYA, BERPRESTASI, MANDIRI DAN BERAKHLAK MULIA”

Bertujuan menumbuhkembangkan kesadaran & tanggung jawab sosial setiap anggota perhimpunan pemuda dalam mencegah, menangkal, menanggulangi, dan mengantisipasi berbagai permasalahan sosial. Terbentuknya jiwa dan semangat petriotisme anggota Karang Taruna yang trampil, berpengetahuan dan berkepribadian baik.

 

  1. LANDASAN HUKUM
  2. Undang-undang no 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah tertanggal 15 Oktober 2004.
  3. Peraturan Pemerintah No. 72 tentang Desa tertanggal 30 Desember 2005.
  4. Peraturan Pemerintah No. 73 tentang Kelurahan tertanggal 30 Desember 2005.
  5. Permensos RI Nomor 83/HUK/2005 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna tertanggal 27 Juli 2005.
  6. Permendagri RI Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga tertanggal 5 Februari 2007.
Facebook Comments