RENCANA PEMASANGAN STIKER KPM BANTUAN SOSIAL

Poto bersama Kepala Desa dan Perangkat Desa Cayur
Kepala Desa Cayur (Akhmad Kaffi) Kepala Dusun Cayur 2 (kiri ke kanan)

Cayur.desa.id – Pemerintah Desa Cayur, rencananya mulai Bulan depan akan melakukan pemasang stiker ‘Keluarga Pra Sejahtera’ di rumah warga penerima bantuan sosial (Bansos) program keluarga harapan (PKH), BPNT dan Lain-lain

“Untuk sementara ini kita akan melakukan pemasangan stiker di 449 Kepala Keluarga/ rumah penerima bantuan sosial (Bansos) PKH. Kita akan mulai di Dusun Cayur 2 pada Pekan mendatang,” kata Kepala Desa Cayur Ahmad Kaffi Rabu (18/03/2020).

Pemasangan stiker tersebut, kata dia, sesuai dengan intruksi dari Kementerian Sosial No 1902/4/SHK/.05.02/05/2019 tanggal 09 Mei 2019 dan untuk mengetahui secara pasti berapa penerima Bansos PKH dan BPNT di Desa Cayur sehingga asumsi warga bahwa program tersebut tidak tepat sasaran bisa diminimalisir.

Dengan pemasangan stiker ini akan adanya keterbukaan data penerima PKH serta dapat saling monitoring jika ada penerima PKH yang tidak tepat sasaran, sehingga bagi keluarga penerima manfaat (KPM) PKH yang mampu dapat secara sadar mengundurkan diri dari kepesertaan (graduasi).

“Tujuan pemasangan stiker ini adalah untuk mensasar seperti yang selama ini disampaikan masyarakat bahwa ada penerima bantuan sosial PKH yang tidak tepat sasaran,” kata dia.

Rencana tampilan Stiker KPM (keluarga penerima Manfaat)

Lanjut dia, setiap orang dengan terbuka dapat melihat siapa saja sebenarnya penerima manfaat dari PKH setelah adanya stiker di masing-masing rumah penerima, sehingga siapa pun boleh melaporkan jika ada penerima manfaat PKH ini yang memang tidak tepat sasaran kepada pendamping PKH dan Dinas Sosial.

“Dengan keluarnya keluarga mampu dari kepesertaan penerima manfaat PKH secara langsung mereka akan keluar dari BDT yang merupakan data kemiskinan di Desa Cayur sehingga angka kemiskinan dapat di tekan,” tegasnya.

Lebih jauh dia mengatakan, sebanyak 449 Kepala Keluarga/rumah warga penerima Bansos   yang akan dipasang stiker tersebut tersebar di  8 Dusun

“Untuk pemasangan stiker ini kita akan berkoordiansi dengan Muspika Kecamatan, Babinsa dan Babinkamtibmas dan perangkat Kewilayahan/Kepala Dusun Serta RT dan RW. Kita berharap pemasangan stiker di rumah penerima Bansos  ini berjalan lancar,” pungkas dia. (d04nk)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan