MUSREMBANGDES PENETAPAN RKPDes 2020 DESA CAYUR

Musyawarah per-Dusun menentukan Prioritas utama
Pjs. Desa Cayur Endang Setiawan, S.IP Ketua BPD Desa Cayur H.Muslih,S.Ag Ust. Maman , (kiri ke kanan)

Cayur. 02/11/2019 Pemerintah Desa (Pemdes) Cayur Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya menggelar musyawarah perencanaan dan penetapan pembangunan desa (musrenbangdes) tahun anggaran 2020 di Aula Pemdes Cayur ,Senin (02/11/2019).

Musrenbangdes tersebut dihadiri unsur Perangkat Desa BPD, LPM

D, pendamping desa, para Kadus, Ketua RW dan RT serta tokoh masyarakat.

Pjs. Kepala Desa Cayur  Endang Setiawan, S.IP menyampaikan, pada tahun 2019 serapan anggaran sebesar 70 persen digunakan untuk pembangunan wilayah dan 30 persen untuk perencanaan peningkatan aparatur desa. Sementara besaran APBDes tahun 2020 masih menunggu pagu dari pemerintah.

“Jumlahnya masih mengacu kepada 2019 yakni sekitar Rp 2,2 milyar,” ujarnya kepada

Proses musyawarah per-Dusun untuk menentukan Prioritas

Sementara, Ketua BPD Cayur H. Muslih, S.Ag menambahkan, musyawarah  ini adalah kewajiban kepala desa. Acuannya ada pada Permendagri Nomor 20 tahun 2018  tentang pengelolaan keuangan desa  yang merupakan Amanat UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, yang mana kewajiban desa untuk Musrenbangdes tahun berikutnya.

“Kami dalam hal ini mengawasi dari sisi pelaksanaan administrasi dan hasil musrenbang di lapangan sesuai dengan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Ada 24 usulan aspirasi warga untuk perencanaan pembangunan 2020 mendatang semoga berjalan lancar,” singkatnya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan