BUDAYA GOTONG ROYONG YANG MASIH LESTARI MESKIPUN MULAI MEMUDAR

Gunung Surian Menanam Padi darat (ngaseuk) Minggu 04-11-2018

Cayur.id Indonesiaku terdiri dari beribu-ribu pulau dari Sabang hingga Merauke yang memiliki keanekaragaman budaya, kesenian, suku, tarian adat, rumah adat hingga pakaian adat yang memiiki ciri khas tersendiri dari masing-masing suku di Indonesia. Indonesiaku negeri yang subur, segala jenis tanaman tumbuh di tanah Indonesiaku, hamparan sawah terbentang luas, perkebunan teh, kopi, kelapa sawit dan lainnya terhampar di tanah subur Indonesia. Gunung-gunung yang kokoh serta keindahan lautnya membuat siapa saja yang melihatnya terpesona akan keindahan alam zamrud khatulistiwa. Lihat saja salah satu contoh budaya yang ada pada salah satu suku di Indonesia misalnya suku sunda, dari pakaian adatnya, rumah adatnya, tari adat, alat musiknya sangat beragam dan berciri khas bahkan masakan/makanan khasnya pun sangat bervariasi. Banyaknya suku di Indonesia seperti suku jawa, suku sunda, suku betawi, suku batak, suku bali dan suku-suku lainnya menambah pesona pada keanekaragaman suku dan budaya Indonesia.

Ada satu hal yang menarik tentang budaya masyarakat Indonesia, selain di kenal sebagai bangsa yang ramah menurut kacamata pribadi saya dan mungkin bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa masyarakat Indonesia pun di kenal sebagai masyarakat yang suka bergotong royong. Coba kita tengok ke pelosok-pelosok pedesaan di Indonesia, budaya gotong royong bahkan sudah mendarah daging pada sebagian besar masyarakatnya. Jika kita tengok ke belakang, kita akui atau tidak bahwa bangsa Indonesia dapat melepaskan diri dari cengkraman penjajah adalah melalui gotong royong, bagaimana tidak? rakyat Indonesia sudah sejak dulu mempraktekan budaya gotong royong ini bahkan sebelum datangnya para penjajah ke Indonesia. Bangsa Indonesia dapat berkembang menjadi bangsa yang besar melalui semangat bergotong royong dari warganya sehingga budaya gotong royong telah menjadi tradisi sebagai budaya warisan leluhur yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Namun, Saya sebagai Masyarakat Pedesaan sangat prihatin dengan derasnya arus modernisasi dan globalisasi sehingga budaya gotong royong mulai memudar, lambat laun tapi pasti masyarakat Indonesia mulai kehilangan kepribadiannya sebagai bangsa yang kaya akan budaya yang salah satunya adalah budaya gotong royong. Sebenarnya, budaya gotong royong bukan hanya ada pada masyarakat pedesaan saja karena pada masyarakat perkotaan pun dapat kita jumpai, contoh kecilnya yaitu kerja bakti membersihkan selokan dan membersihkan lingkungan dari sampah dan lain sebagainya. Adapun contoh kecil budaya gotong royong pada masyarakat pedesaan diantaranya yaitu Ketika tetangga membangun Rumah maka warga sekitar melakukan gotong royong sesuai kemampuan masing-masing seperti mengangkut bahan bangunan hingga memasang atap genteng biasanya mereka selalu bersama-sama, adapun dalam mengelola lahan pertanian secara gotong royong karena memerlukan tenaga banyak orang untuk mencangkul tanah, menanam benih, mengatur saluran air, memupuk hingga masa panen tiba mereka memanennya secara bersama-sama

faedah gotong royong menurut saya yaitu“karena hal yang berat akan menjadi ringan jika dikerjakan bersama-sama”. Menurut Saya, gotong royong itu istilah kerennya mah yaitu ‘amal jama’i  yaitu perbuatan/pekerjaan yang dilakukan secara berjama’ah. Ada satu quote yang selalu teringat di pikiran saya yaitu“selalu ada jalan bagi orang-orang yang berusaha membuat jalan, meski di depan ada jurang mereka akan buat jembatan”

makna yang dapat Saya petik dari quote tersebut adalah, sesulit apapun persoalan, pekerjaan yang tidak mungkin dapat terselesaikan, sesungguhnya akan menjadi sangat mungkin terselesaikan jika dilakukan secara gotong royong dibandingkan dengan melakukan sendirian. Intinya jangan sampai menunggu jalan keluar itu datang akantetapi ciptakanlah jalan keluar itu dengan segera.. ya pastinya secara berjama’ah (gotong royong).  sungguh indah bukan, budaya gotong royong masyarakat Indonesia yang harus kita lestarikan. Budaya gotong royong, budaya santun negeriku Indonesia  yuk pemuda/i Indonesia kita bersatu dan bergotong royong dalam meningkatkan kesejahteraan Lemur Urang Desa Urang Daerah Urang Nergri Urang Indonesia.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*