MUSYAWARAH DESA (MUSDES) CAYUR

Cayur 29-09-2018 Musdes Desa Cayur

Cayur.desa.id – . Sabtu (29/09/2018) Dalam rangka mempersiapkan program kegiatan pembangunan desa Cayur yang akan dilaksanakan pada tahun 2019. Dilaksanakanlah musyawarah desa (Musdes) Prioritas/Kegiatan Pembangunan desa Cayur. Musyawarah Desa(Musdes) ini dihadiri oleh Kepala Desa, unsur Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tokoh Masyarakat ,Tokoh Agama, Keterwakilan unsur perempuan, Tokoh pemuda, Unsur Kader Pemberdyaan Masyakarat Desa (KPMD), Para ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) , Serta di hadiri pula Babinsa Desa Cayur, Penyuluh esehatan Lingungan dan PMD Kecamatan Cikatomas. Musyawarah desa (musdes) sendiri dipimpin oleh Ketua Badan Permusyawratan Desa (BPD) dengan  jumlah yang hadir dalam kegiatan ini yaitu 100an peserta.

Adapun jalannya acara dalam musyawarah desa(Musdes) ini diawali dengan pembukaaan dan dilanjutkan Sambutan pembukaan oleh IIS Kepala desa Cayur. Selaniutnya pengantar Musyawarah Desa (Musdes) oleh H.Muslih, S.Ag, Ketua BPD. Agenda berikutnya memasuki acara inti yaitu pemyampaian prioritas/kegiatan Pembanguanan Desa Cayur. Musyawarah desa(Musdes) yang telah di sepakati oleh Tiem penyusunan RKP Desa Tahun 2019, dimana didalamnya terdapat kegiatan:

·         Sosialisasi Tiem Penyusun RKPDes Tahun 2019 oleh Kepala Urusan Perencanaan Dikdik Nurjaman.

·         Penyuluhan kesehatan lingkungan oleh Atih Dari Puskesmas Cikatomas.

·         Dan dengar pendapat serta tanggapan resmi yang mekanismenya dalam menggunakan Focus Group Discussion(FGD) yang di pandu oleh moderator yaitu Dikdik Nurjaman, difasilitasi oleh Idad Mukarom dan Depi Rahayu Selau Notulen dari Unsur Pemerintah Desa dan.

Selanjutnya Pemaparan Pemerintah Desa(Pemdes) tentang Rencana Prioritas Program/kegiatan di bidang penyelengaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan RPJMDes tahun rencana yang disampaikan oleh Dikdik Nrjaman di dampingi oleh Idad Mukarom sebagai Seretaris desa Cayur.

Tanggapan resmi BPD terhadap Pemaparan Pemerintah Desa(Pemdes) tentang Rencana Prioritas Program/kegiatan yang disampaikan oleh Dikdik Nuraman Ketua BPD dan di sepakti oleh seluruh anggota BPD dan Peserta Musyawarah Desa(Musdes). Dalam kesempatan ini pula ada penyampaian sosialisasi tentang Kesehatan lingkungan Oleh Atih Dari Puskesmas Cikatomas. Dalam penyampainnya bahwa Masyarakat harus sadar tentang kesehatan lingkungan diantaranya angan BAB Sembarangan. Dalam acara resmi ini pula ada beberapa dengar pendapat dan pandangan warga masyarakat peserta musdes tehadap pemaparan Pemerintah Desa(Pemdes) tentang Rencana Prioritas Program/kegiatan dimana yang disampaikan oleh Kepala Wilayah dari Masing Masing Dusun yang menyampaikan tentang status bangunan dan pengelolaannya. 

Tanggapan Pemerintah Desa(Pemdes) atas pandangan resmi dari berbagai pihak terhadap Pemaparan Pemerintah Desa(Pemdes) tentang Rencana Prioritas/Kegiatan Pembangunan desa Cayur yang disampaikan oleh IIS Kepala Desa dan di notulen oleh Depi Rahayu Kepala seksi Pemerintahan.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah desa menyepakati dalam kemufakatan bulat  beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan final dari musyawarah desa(musdes) dalam rangka penyusunan RKP Desa yaitu:

Menyepakati hasil Pencermatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa atau di sebut RPJMDes dan usulan dari masing-masing Dusun dengan skala prioritas dan mengingat Pagu Indikatif Anggaran Desa Tahun 2019.

Hasil kesepakatan dan kemufakatan bersama ini dituliskan dalam Berita Acara yang di administrasikan Sekretariat desa oleh Idad Mukarom Sekretaris desa dan ditandatangani oleh IIS Kepala Desa Cayur, H. Muslih, S.Ag  Ketua BPD dan perwakilan peserta Musdes. Acara dilanjutkan dengan penutupan secara resmi oleh IIS Kepala Desa Cayur dengan menyampaikan Terimakasih atas semua sumbangsih pemikiran dan kerja keras dalam bentuk nyata warga masyarakat desa Cayur demi terciptanya tatanan desa Cayur yang maju, mandiri dan berakhaqul karimah sebagaimana yang tertuang dalam visi misi Pemerintah desa(Pemdes) di era Kepemimpinan IIS.(doank_4536)*

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*