OPAK KETAN KHAS DESA CAYUR

Opak khas cayur
Opak khas cayur

cayur.desa.id Opak Ketan sejak dulu memang sudah terkenal sebagi makanan ringan khas Orang Sunda, termasuk di Tasikmalaya. Opak selalu disajikan bila ada warga yang sedang hajatan. Namun akibat kemajuan zaman dan minimnya peminat untuk membuatnya, kini makanan tersebut sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan.

Opak ketan yaitu makanan yang berasal dari beras ketan dengan cara pengolahan yang cukup susah, dari mulai pengolahan beras ketannya di kukus, lalu di tumbuk hingga lembut baru dicetak hingga membentuk lingkaran dan dijemur.Tidak cukup dijemur saja namun masih harus diolah kembali dengan cara dibakar.

Seperti di Kampung Mekartanjung, Desa Cayur, Kecamatan Cikatomas,Mang Dadang,Salah satu Pengrajin yang sudah puluhan taun menjadi pembuat Opak, meneruskan usahanya secara turun temurun.

“ Awalnya kita membuat Opak hanya untuk kebutuhan pribadi, namun Lama kelamaan banyak yang pesan, Mulai dari Tetangga Hingga Warga luar Desa Yang Memesan Opak Bakar,” jelas Dadang.

Namun dalam berproduksi para pengrajin ini kini masih mengalami keterbatasan, akibat tidak ada alat yang lebih canggih, seperti alat penumbuk nasi ketan untuk melembutkan adonan yang sudah dikukus sehingga hasilnya bisa lebih cepat dan banyak.

“Selama ini untuk menumbuk tetap menggunakan tenaga manusia secara manual. Sehingga agak terbatas, seandainya ada mesin yang bisa. d04nk 4536

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan