WIRA USAHA KARANG TARUNA “BUDI DAYA IKAN BELUT”

Budidaya belut karang taruna desa Cayur
Budidaya belut karang taruna desa Cayur

Cayur.desa.id Karang Taruna desa Cayur ditantang untuk berwira usaha. Berbagai pelatihan diberikan agar para pemuda Karang Taruna bisa menangkap peluang sebagai warga yang kreatif dan mandiri.

Salah satu pelatihan dilakukan untuk Karang Taruna Tunas Karya Desa Cayur di GOR Desa Cayur, Senin (15/01/2018). Semua pengurus karang taruna Kampung dilatih berwirausaha di bidang Budidaya ikan belut.

“Desa Cayur ini desa yang banyak sumberdaya alamnya termasuk belut, “ ujar Ketua Karang Taruna  seusai menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut.

Menurut Teddy Gumilar, upaya terus dilakukan untuk mengubah pola pikir Karang Taruna. Mereka yang biasanya hanya menjadi pekerja serabutan atau buruh, kata Teddy Gumilar, perlahan-lahan diperkenalkan dunia baru.

Karang Taruna Desa Cayur, kata Teddy Gumilar, terbukti bisa menunjukan kualitasnya. Beberapa Media untuk budidaya ikan belut telah tersediadi setiap kampung yang ada di desa Cayur, kata dia .

Jenis peluang usaha sampingan modal kecil berikutnya yaitu budidaya belut. Hewan berwarna hitam dan licin ini digemari masyarakat karena rasanya yang sangat nikmat dan lezat. Teknik pengolahannya ada beberapa macam. Misalnya digoreng, dijadikan keripik atau dimasak tongseng, dan sebagainya.

Apabila dijual di dalam negeri saja, maka segmen utama pemasarannya adalah rumah makan tradisional yang menyediakan menu masakan belut. Tapi selain pasar dalam negeri, hewan ini juga sangat laris di luar negeri khususnya negera Jepang, Taiwan, Tiongkok, Singapura, Malaysia, dan Hongkong.

Modal untuk budidaya hewan ini tidak banyak, hanya untuk membeli tong saja. Sedangkan media budidayanya berupa campuran lumpur dan jerami serta dedaunan. Untuk bibitnya bisa dicari di swah-sawah atau membeli langsung di toko peternakan.

Jika semuanya dijalani dengan tekun dan kerja keras serta sifat pantang menyerah, pasti akan mendatangkan hasil yang memuaskan. Selamat berwirausaha.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan