SOSIALISASI DAN VALIDASI DATA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)

Sosialisasi & Validasi PKH.
Sosialisasi & Validasi PKH.

CAYUR.DESA.ID – Sabtu, 11 November 2017  Pemerintah desa Cayur melaksanakan kegiatan sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH) bersama Pendamping PKH Kecamatan. Bertempat di GOR/Aula desa Cayur. kegiatan tersebut dilaksanakan pagi sekitra pukul 08.00 WIB. Pada kesempatan tersebut hadir Kepala Seksi Kesra, Ai Rita Sapari dan  Kepala desa Cayur Pak IIS yang memberikan sambutan kepada sekitar 160 undangan calon peserta anggota PKH .

Dalam sambutannya, PKH merupakan program yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang memenuhi kriteria tertentu, dan sebagai syaratnya, RTSM penerima program harus dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yaitu pendidikan dan kesehatan anggota keluarganya.  PKH bukan pengganti atau kelanjutan dari Program Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan bukan salah satu unit dari kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

Selain sebagai media sosialisasi, kegiatan ini juga merupakan pertemuan awal dan validasi calon peserta PKH. Proses validasi bertujuan untuk mengecek keabsahan data atau informasi calon peserta PKH sesuai dengan kondisi sebenarnya. Melalui petugas Pendamping PKH Kecamatan Cikatomas menyebutkan bahwa tahapan proses validasi.

TUJUAN dari kegiatan Validasi adalah untuk memastikan bahwa data calon peserta keluarga miskin yang diperoleh berdasarkan basis data terpadu (BDT)  memenuhi kriteria komponen PKH yaitu Eligible (memenuhi syarat sebagai penerima PKH) baik dalam komponen kesehatan, pendidikan atau kesejahteraan sosial. Proses validasi ini diharapkan mendapatkan data yang tepat dan akurat sesuai dengan data real dilapangan. Pengecekan data dilakukan oleh pendamping yang dihadirkan dalam pertemuan awal. Hasil pertemuan awal menjadi ketetapan apakah keluarga tersebut eligible atau non eligible. admin

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan