PAWAI OBOR MENYAMBUT TAHUN BARU HIJRIAH

Kegiatan pawai Obor 1 Muharam
Kegiatan pawai Obor 1 Muharam

Desa.cayur.id, Cayur – Cahaya nyala ratusan obor, dan latunan shalawat yang merupakan semarak warga Desa Cayur, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, dalam memperingati tahun baru Islam 1439 Hijriyah. Selain cahaya kelap-kelip dari sinar obor yang membakar semangat warga melakukan pawai di area Jalan Raya Di dekat Lapang Desa Cayur, busana muslim warga berwarna putih yang menunjukkan simbol kembali suci di tahun baru Islam. Pawai obor yang semarak dari warga Desa Cayur  mencuri perhatian warga sekitar maupun pengguna jalan yang berlalu lintas, begitupun Panitia yang mengatur jalannya pawai obor tersebut.

Pawai obor dilakukan saat malam hari, merupakan peringatan kegiatan rutin dari warga Desa Cayur dalam menyemarakkan tahun baru Islam, yang diikuti oleh anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Menurut Kepala Desa Cayur Pak IIS, pawai obor merupakan sebuah tradisi dalam memperingati tahun baru Islam yang juga memiliki banyak makna dalam pelaksanaannya.

“Selain untuk mempererat tali silahturahmi sesama warga, juga memiliki nilai gotong royong dan juga kebersamaan. Tujuannya untuk mengingatkan warga akan datangnya tahun baru Islam,” ujar Pak IIS, Rabu (20/9/2017) malam.

Antusiasme warga yang melakukan pawai obor sangat tinggi, seusai sholat isya, para warga berkumpul di lapangan dengan membawa obor yang terbuat dari bambu Cahaya dari api obor itu menerangi jalan-jalan di malam hari Dan dilanjutkan deangan acara pengajian/ tablig akbar. (admin)

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*